Medan

Kota Medan Harus Dalam Kondisi Nyaman Terkendali

MEDAN I okemedan. Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT mengajak seluruh pihak untuk senantiasa meningkatkan koordinasi dan kesiapan guna menghadapi dan menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana di Kota Medan. Terlebih, saat ini iklim cuaca di Indonesia khususnya Kota Medan sedang memasuki musim penghujan.

Ajakan ini disampaikan Pjs Wali Kota ketika memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam dan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Hukum Polrestabes Medan di Halaman Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said Medan, Kecamatan Medan Timur, Senin (9/11/2020).

“Sebagai negara beriklim tropis dengan dua musim yakni musim kemarau dan musim hujan, Indonesia tengah mengalami cuaca yang cukup ekstrim saat ini. Oleh sebab itu, dibutuhkan kesiapan bersama guna menghadapi dan mengantisipasi terjadinya bencana serta dampak yang diakibatkan,” kata Pjs Wali Kota.

Didampingi Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko dan Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar, Pjs Wali Kota selanjutnya menuturkan bahwa kemungkinan bencana bisa saja terjadi terlebih Indonesia terletak di kawasan Pasific Ring Of Fire (Cincin Api Pasifik) atau berada dalam jalur gempa teraktif di dunia.

“Tentu tidak ada yang mengingingkan datangnya bencana. Namun, jika kita bersama, maka kita akan siap dan tanggap dalam menghadapi dan menanggulanginya,” ungkapnya optimis di hadapan para pasukan apel yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Perhubungan, anggota Pramuka, Palang Merah Indonesia (PMI), Basarnas, pimpinan OPD, camat se-Kota Medan serta unsur terkait lainnya.

Selanjutnya, diungkapkan Pjs Wali Kota, kesiapan yang matang juga dibutuhkan dalam menjaga kekondusifan Kota Medan yang tengah dalam suasana Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan periode 2021-2024. Dengan harapan, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap terjaga.

“Kami juga mengingatkan khususnya kepada 3 pilar pemerintahan yakni TNI-Polri dan aparatur pemerintahan agar menjaga netralitas dengan tidak ikut dalam politik praktis. Antisipasi semua kondisi karena Kota Medan harus tetap berada dalam suasana dan situasi yang nyaman terkendali,” pesannya mengingatkan.

Usai apel, Pjs Wali Kota bersama Kapolrestabes Medan dan Dandim 0201/BS selanjutnya mengecek seluruh kesiapan baik personil serta peralatan yang digunakan dalam rangka penanganan bencana alam dan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button