Okedukasi

Mahasiswa UISU Lolos Seleksi Magang Bersertifikat di PT Pelindo

MEDAN I okemedan. Mahasiswa UISU dari Program Studi Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi berhasil lolos seleksi magang bersertifikat PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero.

Kepastian kelulusan mahasiswa itu berdasarkan Surat dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) pertengahan Oktober lalu, atas nama Mulia Saur Matua Daulay dan Hans Prayoga.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) adalah upaya dalam rangka mempersiapkan mental mahasiswa untuk memasuki dunia kerja dan tujuan memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman bekerja secara langsung di BUMN.

Dalam surat hasil seleksi yang ditujukan ke Rektor UISU itu pelaksanaan magang akan berlangsung selama 6 bulan.

Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin MAP kepada wartawan berharap kesempatan yang diberikan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) kepada mahasiswa UISU untuk ikut dalam Program Magaang Mahasiswa Berseritifkat dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Tidak semua mahasiswa yang kita usulkan langsung diterima, karena untuk mengikuti magang bersertifikat harus melalui proses seleksi yang sudah ditentukan PT Pelindo,” kata Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi SS MA.

Pihaknya yakin bahwa pada masa mendatang akan lebih banyak lagi mahasiswa UISU yang dapat mengikuti PMMB.

“Ini akan menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lain untuk ke depan dapat mengikuti seleksi peserta Program Magang Mahasiswa bersertifikat,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor mengatakan bahwa keikutsertaan UISU dalam PMMB di BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) merupakan salah satu implementasi kerjasama yang telah ditandatangani UISU Bersama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) sebelumnya.

Sebab itu, Rektor UISU berharap kesepahaman antara UISU dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dapat ditindaklanjuti untuk program-program lainnya dengan seluruh unit Fakultas dan Lembaga di Lingkungan UISU.

Kepada pimpinan Fakultas dan Program Studi yang mahasiswa mengikuti PMMB, Rektor mengingatkan untuk tetap memonitor mahasiswa yang bersangkutan dalam kegiatan PMMB di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan juga kegiatan akademik mahasiswa berjalan lancar.

Dijelaskan Rektor, bahwa keberhasilan mahasiswa UISU mengikuti PMMB di BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) membuktikan bahwa mahasiswa UISU mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya.

Sebagai institusi, kata Rektor, hal itu juga membuktikan bahwa UISU telah ikut berkontribusi dalam program mahasiswa magang bersertifikat (PMMB) di BUMN yang merupakan program pemerintah dengan kampus-kampus di seluruh Indonesia.

Selain itu, Rektor UISU mengatakan bahwa PMMB di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) merupakan salah satu implementasi dari Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejalan dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Salah satunya adalah memberikan kesempatan pembelajaran kepada mahasiswa di luar kampus dan melakukan kolaborasi dengan institusi di luar kampus untuk mengembangkan kreativitas, kapasitas, kompetensi, kepribadian mahasiswa dan penyerapan lapangan kerja.

“Salah satunya dengan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat di BUMN yang juga merupakan program pemerintah,” katanya

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button