Okedukasi

Deepavali – Nyalakan Pelita dan Terangi Sukma

Okemedan. Perayaan Deepavali atau Diwali adalah perayaan menghadirkan cahaya. Cahaya tidak mengenal kegelapan. Kehadiran cahaya akan membuat kegelapan sirna seketika.

Tanggal 14 Nopember 2020 dirayakan sebagai hari raya festival cahaya. Deepa bermakna cahaya lampu.

Deepavali adalah deretan cahaya. Festival ini melambangkan kemenangan kebaikan atas keburukan.

Perayaan Diwali bukan hanya dirayakan oleh umat Hindu saja. Agama lainnya semisal Jain dan Sikh juga merayakan, kendati ada perbedaan dalam penyebutan serta kisah yang melatarbelakanginya.

Deepavali mengingatkan bahwa setiap jiwa membawa cahaya. Terdapat percikan cahaya ilahi pada setiap jiwa.

Perayaan Deepavali membawa suasana kegembiraan, menghias rumah serta kumpul keluarga dalam doa bersama merayakan sebuah tradisi sekaligus juga momen refleksi seberapa jauh kita telah melangkah dalam terang dan seberapa dalam kita tenggelam dalam gelap selama ini. Apakah cahaya yang menuntun atau gelap yang mengajari.

Tidak harus menjadi matahari dan bulan untuk bisa menerangi, hanya menjadi sebuah lilinpun sudah berterimakasih bisa menerangi.

Media penerang bisa beragam namun fungsi cahaya tetap sama yaitu menerangi dan menyinari. Cahaya selalu diidentikkan dengan pengetahuan, kebenaran dan keindahan.

Semoga perayaan deepavali ini bersinar terang dengan cahaya kebaikan dalam hati kita semua. Kita semua bersinar terang di dalam bintang kita masing-masing dan saling berbagi Satu Cahaya yang sama. Nyalakan lampu kebaikan, terangi sukma serta senantiasa bagikan ke sekeliling. Karena sifat cahaya adalah memantulkan dan mencahayakan benda benda di sekelilingnya.

Selamat merayakan Deepavali – terangi hari esok dengan seberkas cahaya hari ini.

Kishan Raj
(Anggota Pengurus Prajaniti Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button