Medan

Lansia Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan

MEDAN | okemedan. Kabid Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak DP3APM Robert Napitupulu mengimbau masyarakat terutama para lansia senantiasa menjaga diri dari kemungkinan penularan Covid-19 dengan selalu mematuhi protokol kesehatan secara ketat yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

“Selalu jaga kondisi tubuh dengan pola makan dan pola hidup sehat. Tugas kita adalah memerangi bersama penyebaran Covid-19 ini agar segera berakhir. Mari disiplin, jangan lalai menerapkan protokol kesehatan sehingga kita semua tetap terjaga dan terlindungi dari penularan Covid-19,” ajaknya pada Sosialisasi Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan No.27/2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Posko Gugus Tugas Covid-19, Gedung Serba Guna Dharma Wanita, Jalan Rotan, Medan Petisah, Kamis (5/11/2020).

Pada sosialisasi itu menghadirkan pemateri Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring diwakili Sekretaris BPBD Nurly bersama Kabid Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak DP3APM Robert Napitupulu serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Medan Jojor Simamora.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat mengikuti aturan AKB sesuai perwal tersebut.

Sekretaris BPBD Nurly mengatakan, sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman bagi masyarakat untuk mematu aturan sesuai Perwal No.27/2020 sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sebab, hingga saat ini belum dapat diketahui dan diprediksi kapan virus Corona tersebut kapan akan berakhir.

“Kunci memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah kesadaran masyarakat mengikuti protokol kesehatan. Untuk itulah, Pemko Medan menerbitkan aturan yang mengatur setiap aktifitas masyarakat dengan berpedoman pada perwal demi kenyamanan dan kebaikan bersama,” kata Nurly.

Di samping itu, bagi para jenazah terkonfirmasi Covid-19, lanjut Nurly, Pemko Medan menyiapkan lahan pekuburan di Simalingkar B.

“Hingga saat ini, terhitung ada 500-an jenazah baik berasal dari dan di luar Kota Medan yang dimakamkan di sana,” ungkapnya.

Untuk upaya pencegahan, jelas Nurly, BPBD telah melakukan berbagai kegiatan seperti penyemprotan cairan disinfektan dan pembagian masker gratis kepada masyarakat.

“Selain itu, OPD lain juga melakukan tugasnya dalam penanganan Covid-19 seperti razia masker yang rutin dilakukan Satpol PP bersama unsur terkait lainnya,” jelasnya.

OM-zainul abdi nasution

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button