Medan

1.500 Masker Dibagikan untuk Masyarakat Belawan

MEDAN I okemedan. Tim TNI/Polri, Satpol PP, BPBD dan Dinas Pariwisata Kota Medan yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Medan – Binjai – Deli Serdang (Mebidang) membagikan 1.500-an masker kepada warga sekitar dan pengendara yang melintas di kawasan Kecamatan Medan Belawan, Selasa (20/10/2020) malam.

Pembagian masker tersebut sekaligus melaksanakan razia masker dan penegakan protokol kesehatan.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Mebidang Kol Inf Azhar Muliyadi menyebutkan pembagian masyarakat itu karena berdasarkan informasi bahwasanya tingkat kesadaran masyarakat menggunakan masker dan menjaga jarak di kawasan Belawan masih rendah.

“Kita bagikan masker karena banyak yang tidak pakai masker, terutama saat berkendara,” kata Azhar didampingi sejumlah pejabat dari Pemko Medan dan Pemprov Sumut kepada wartawan.

Ratusan pengendara baik menggunakan sepeda motor dan mobil serta angkutan umum mendapatkan masker secara gratis. Tim Satgas Covid-19 juga menyampaikan tentang pentingnya memakai masker dan menjaga jarak untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19.

“Maskernya dipakai ya pak, ibu. Ini untuk kesehatan kita bersama,” kata Serka Erwin, mendampingi Kol Inf Azhar Muliyadi.

Dalam waktu setengah jam, 1.500 an masker habis dibagikan. Ini membuktikan dan keprihatinan tim Satgas bahwa kawasan Belawan yang syarat padat penduduk ini tingkat kesadarannya menegakkan protokol kesehatan terutama memakai masker masih rendah.

Berbagai alasan diutarakan warga kepada Tim Satgas saat diberikan sosialisasi protokol kesehatan. Ada yang mengaku lupa membawa masker, tidak pakai masker karena alasan dekat dari rumah sampai alasan kehabisan masker di rumah dan tidak mampu membeli.

“Kita prihatin, kenapa banyak yang tidak pakai masker. Kita khawatir kalau ada yang kena, bisa menimbulkan masalah baru,” kata Iqbal, anggota Tim Satgas.

OM-zainul abdi nasution

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button