Medan

Akhyar Janji Kembangkan Shodaqoh Sampah di Masjid-masjid

MEDAN | okemedan. Ranting Muhammadiyah Kelurahan Tanjung Gusta, Medan Helvetia membuat gerakan Shodaqoh Sampah. Gerakan ini diperuntukkan untuk kegiatan amal jariyah dan mengajak masyarakat terus menjaga kebersihan dari mulai rumah tangga.

Demikian disampaikan Ketua Ranting Muhammadiyah, Kelurahan Tanjung Gusta, Irwan Widianto saat menerima kehadiran Calon Walikota Medan nomor urut 1, Akhyar Nasution dalam pengajian rutin Muhammadiyah Cabang Helvetia, Minggu (18/10/2020).

Irwan Widianto yang didampingi inisiator shadaqoh sampah, Hadi Syahputra menyampaikan, shadaqoh sampah ini adalah konsep seperti Bank Sampah.

Di mana, jamaah Muhammadiyah dan warga sekitar Masjid Taqwa Tanjung Gusta di Jalan Sekata ini bisa menghubungi nomor telpon atau whatsapp. Sampah-sampah akan dijemput.

“Sebelum konsep Shodaqoh sampah ini kami luncurkan, kami terlebih dahulu berikan pemahaman kepada warga di dalam Masjid Taqwa. Pada konsep awalnya, sampah bisa insya Allah bisa dijadikan ladang amal sholeh,” katanya.

Irwan menyampaikan, caranya, warga diberitahukan pemilahan sampah kering dan basah, kemudian tempat atau kantong plastik akan disediakan oleh pengurus shodaqoh masjid. Sampah-sampah bisa dikumpul di rumah tangga, atau diantar saat akan berangkat ke pengajian ataupun saat hendak salat wajib di masjid.

“Alhamdulillah kurang dari dua bulan program ini berjalan, hasilnya terkumpul kas shodaqoh sebesar Rp640 ribu. Uang ini akan diserahkan ke panti-panti, jika gerakannya sudah massif akan banyak manfaat dari gerakan sampah ini, seperti membangun sarana dan prasarana pendidikan di lingkungan Muhammadiyah,” katanya.

Melihat program ini, Akhyar Nasution sangat mengapresiasi. Bila nantinya diamanahkan menjabat sebagai Walikota Medan, maka gerakan-gerakan inilah yang terus dikembangkan, sehingga masyarakat bisa shodaqoh dan lingkungan menjadi bersih.

“Ini sama seperti gerakan membuat bank sampah di lingkungan-lingkungan, seperti apa yang tertera dalam program kerja Akhyar-Salman, ini juga sebagai bagian mengapresiasi gerakan #yukbikincantikmedan,” ujarnya.

Dia meyakini, apapun gerakan yang dilahirkan untuk kepentingan banyak orang, semuanya akan dimudahkan dalam prosesnya dan hasilnya akan lebih mulia lagi.

“Gerakan amal jariah shodaqoh sampah ini semoga bisa ditiru oleh masjid lainnya di Kota Medan, ini juga bagian dari karakter anak Medan selalu bersama-sama dan berkawan-kawan membuat gerakan untuk kebersihan kota Medan. Ayo kita lakukan apapun yang tujuannya mempercantik Kota Medan,” ajaknya.

Hadir dalam pengajian rutin Muhammadiyah Cabang Helvetia di Masjid Taqwa Tanjung Gusta, Ketua PC Muhammadiyah Cabang Helvetia, Iqbal hasibuan dan unsur pengurusnya.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button