Medan

Sambut Akhyar, PD Aisyiyah Harapkan Pembangunan Medan Berkarakter

MEDAN | okemedan. Pengurus Daerah Aisyiyah Kota Medan menyambut kehadiran dan silaturahminya Calon Wali Kota Medan nomor urut 1, Ir Akhyar Nasution ke Panti Asuhan Aisyiyah Jalan Santun, Selasa (13/10/2020) pagi.

Dalam kesempatannya, Akhyar mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT dapat bersilaturahmi dengan seluruh pengurus Aisyiyah Kota Medan.

“Alhamdulillah pagi ini saya bisa bersilaturahmi dengan seluruh pengurus, karena ada ikatan bathin yang mengikat kita,” ucap Akhyar.

Pada silaturahmi banyak hal yang disampaikan pasangan Salman Alfarisi ini. Salah satunya penanganan sampah. Menurut dia, ada banyak teknologi yang bisa dilakukan.

“InsyaAllah nanti bisa kita kembangkan dengan Aisyiyah, seperti Bu Rena Simbolon yang mengelola sampah menjadi briket arang, pasar briket arang sangat besar, kedua bisa dikembangkan peternakan larva Maggod. Ini bisa dilakukan, lalat ini menghasilkan larva dan larva ini makanannya dari sampah organik. Sekilo saja bisa sampai Rp150 ribu harganya,” terangnya.

Penanganan sampah di Kota Medan, imbuh Akhyar, harus diubah jadi duit, kalau tidak itu tidak akan menyelesaikan masalah. Di Medan sendiri, sekitar 2.000 ton sampah yang menumpuk di TPA setiap harinya.

“Makanya kami mengatasinya dengan teknologi. Ada beberapa hal yang bisa kita kerjakan ke depannya,” harapnya.

 

Akhyar juga menyampaikan, memimpin Kota Medan ini tidak bisa sendiri. Maka dari itu, harus dilakukan bersama sama.

“Medan berkarakter itu bagaimana kita bisa menjadikan warga yang berkarakter, sopan santun, beretika, inilah sesungguhnya warga kita. Dalam misi berkarakter, jangan sampe anak kita menjadi asing di kehidupannya. Banyak hal yang bisa kita lakukan, termasuk soal panti asuhan,” bebernya.

“Saya serius membangun kota, karena ini tempat saya lahir dn dibesarkan, tapi saya juga harus jujur, tidak semua yang bisa dikerjakan sekaligus, harus skala prioritas,” tambahnya.

Mengenai rob di Medan Utara, Akhyar juga menyampaikan, pada 2013 lalu ini sudah dilakukan penanganan.

Bahkan tim dari Kementerian PU turun ke Medan untuk melakukan survei. “Setelah survei, baru pra desain dan begitupun tidak ada tindak lanjutnya. Salah satu dosen saya bilang, ‘Akhyar, kau enggak bisa melawan Tuhan ikuti saja kehendak-Nya. Makanya karakteristik rumah di Medan Utara itu harus panggung, gak bisa flat seperti ini. Hal ini juga sudah dikerjakan di masa Pak Bachtiar Jafar,” bebernya.

Oleh karena itu, jika amanah itu sampai kepada pasangan yang dikenal dengan jargon AMAN, Akhyar akan menyusun segala prioritas mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

“Penanganan panti, pembangunan ekonomi umat, kesehatan, pendidikan karakter, mungkin ke depan bisa kita kembangkan termasuk ATM beras,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PD Aisyiyah Medan, Kholisani Nasution menerangkan, silaturahim dengan pasangan nomor urut 1 ini tak lain ingin mengenal dan mendengarkan visi misi tentang rencana pembangunan Kota Medan ke depan bersama Akhyar – Salman.

“Jadi kami dari Aisyiyah Kota Medan menyambut baik itu, dengan harapan semoga beliau terpilih dan bisa mengemban amanah dengan baik, berusaha membangun Kota Medan yang berkarakter, pendidikan berkarakter dan pengelolaan sampah, sehingga bisa bernilai jual. Itu kami sambut baik dan harapan kami itu bisa terlaksana,” ucapnya.

Kemudian dari segi sosialnya, lanjut Kholisani, Akhyar juga menyampaikan akan berupaya mengatasi masalah-masalah identitas anak panti dan masalah kesehatan dengan Aisyiyah.

“Itu tentunya kami sambut baik, harapan kami kepada pasangan AMAN, itu bisa laksanakan kalau beliau terpilih menjadi Walikota Medan tahun 2021-2024,” ucapnya.

OM-zan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button