Food

Durian Bangkok, Bukan Cuma Monthong

BANGKOK – Thailand dikenal juga dengan duriannya. Orang banyak menyebut Durian Bangkok atau Durian Monthong. Walaupun pada kenyataannya ada banyak jenis durian di negeri gajah putih ini. Di samping durian Monthong yang popular itu ada juga yang namanya Durian Kan Yao, Durian Chanee, dan Durian Kradum Thong yang rasanya saling berbeda satu sama lain.

Durian Monthong ada berbentuk bulat dan persegi. Memiliki warna daging kuning keemasan dan berbiji kecil. Satu buah Durian Monthong beratnta bisa mencapai 8 kilogram. Rasanya manis dan legit.

Durian Channe berukuran besar, buahnya berlemak tetapi sangat lembut saat disantap. Rasanya manis dan harum. Di dalam satu buah durian Channe berisi sekitar 5 sampai 12 biji buah.

Durian Kan Yao lebih kecil tetapi daging buahnya tebal dan sangat lembut.

Durian Kradum Thong pada umummya berbentuk bulat dengan kulit kehijauan. Warna daging buahnya kuning. Sebuah durian Kradum Thong bisa mencapai berat 3 kilo. Rasanya juga manis.

Buah Durian banyak ditemukan di spot spot turis dan pusat perbelanjaan di Thailand. Antara lain di Pratunam, Chatuchak dan di Khaosan Road. Juga di kota lain sepeti di Pattaya di Floating Market. Ada dijual per biji di dalam plastik.

Tetapi jika mau puas sebaiknya disarankan pergi ke Suphattra Land, Rayong, Thailand yang merupakan sebuah perkebunan dimana banyak terdapat buah-buahan dan para pengunjung bebas makan durian, tentu dengan kompensasi membayar sebelum masuk.

 

Okemedan/ S. Phassakorn, Bangkok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button