Food

Ini Makanan Populer dan Favorit di Thailand

Bangkok – Jika Anda jalan jalan ke Thailand, jangan lupa untuk mencicipi makanan makanan khasnya. Thailand terkenal dengan kekayaan kulinernya dan citarasanya yang lezat. Hanya bagi Anda yang beragama Islam, jangan lupa untuk memastikan dulu kehalalannya. Biasanya restoran dan makanan halal mencantumkan label Halal yang dikeluarkan oleh lembaga halal negara tersebut.

 

Tom Yam Kung & Tom Yam Taley

Tom Yam Kung sangat populer, biasanya di setiap resto Thai menyediakannya. Kung sendiri artinya udang, dan ada versi lain yang bisa Anda coba misalnya Tom Yum Taley (Seafood), Tom Yam Kai (ayam), Tom Yam Pla (ikan), atau bahkan Tom Yam Het (jamur, cocok untuk vegetarian).

 

Kuahnya juga ada dua jenis, yang bening dan yang dengan susu.

 

Keng Som atau Gaeng Som

Masak selama di Thailand makan Tom Yam terus.. nah coba Keng Som untuk variasi!

 

Ini rasanya seperti “sayur asam with attitude”… dan semakin enak kalau beli di kota kecil seperti di Ayutthaya, Hua Hin, Chantaburi (terenak yang pernah saya coba). Jadi, kalau kita ke kota kecil, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya, malah lebih enak daripada di Bangkok.

Di Chantaburi Keng Som diberi telur ikan dan rebung, sungguh suatu pengalaman kuliner yang luar biasa!

 

Selain sup, juga enak Keng Som with fish (ikan goreng kuah Keng Som). Di Phuket dan selatan Thailand, hidangan ini disebut Keng Luang.

 

Green Curry

Biasanya dengan bebek (gaeng khiao waan bpet yang), namun ada juga yang dengan daging ayam, sapi, atau babi.

 

Som Tam

Disebut juga Papaya Salad atau Papaya Pok Pok, rujak pepaya muda ini berasal dari kawasan Timur Laut atau Isaan. Juga ada versi mangga muda, yang tak kalah enak.

 

Tersedia di hampir semua restoran Thai, namun konon yang terenak menurut CNN adalah Som Tam Nua, di Siam Square.

 

Di Isaan, som tam biasanya disantap dengan ketan (sticky rice), dan ayam goreng untuk mendapat hidangan yang lengkap.

 

Curry Crab

Variasi kari telur yang booming di kalangan wisatawan Jepang, China dan Indonesia. Dipopulerkan oleh Somboon, kini banyak resto yang juga menyediakan, seperti Nara, Savoey, dan Kodang Talay (di Asiatique).

 

Tersaji dalam dua varian: dikupas atau dengan kulit kepitingnya. Bagi pecinta kepiting, justru menyantapnya dengan kulitnya adalah seni dan kenikmatan tersendiri, bukan?

 

Tod Man Pla

Sejenis perkedel ikan, enak disantap dengan saus yang pedas manis dengan taburan kacang.

 

Tod Man Kung

“Tempura udang” ala Thailand ini sangat enak; biasanya dimakan dengan saus manis berwarna kuning. Sama seperti banyak hidangan Thai lain, menu ini juga lebih enak apabila di kota kecil. Di Bangkok, salah satu yang terenak adalah di daerah Ban Khun Tian.

 

Harmok Seafood

Ini juga makanan khas yang jarang tersedia . Berbahan dasar kari dengan ikan, Harmok yang asli biasanya tidak banyak isi. Namun kalau tersedia, pesanlah Harmok Seafood atau Harmok Taley, yang biasanya disajikan dalam tempurung kelapa.

 

Mango Sticky Rice

 

Salah satu dessert paling favorit! Pastikan Anda tidak melewatinya saat berada di Thailand. Banyak tersedia di mana-mana, misalnya di Mango Tango (Asiatique), dan di setiap resto Thai.

 

Durian Bingsu Sticky Rice

 

Seperti halnya Mango Sticky Rice, Durian Sticky Rice juga sangat populer, terlebih di musim durian (Mei – Juli). Tapi, beberapa resto kini mengangkatnya ke tingkat yang lebih tinggi, dengan menciptakan Durian Bingsu, dengan sticky Rice. Tersedia di beberapa resto dessert, misalnya di After You Durian, Siam Paragon Sebelah Food Hall.

 

sumber: wisatathailand.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button