Yuk Kunjungi Maiiam, Museum Seni Kontemporer di Chiang Mai

oleh
Suasana di dalam ruangan museum. okemedan/akbar aldi

OKEMEDAN-CHIANG MAI

Jika ke Kota Chiang mai di utara Thailand, jangan lupa singgah ke Maiiam Museum, sebuah museum kontemporer yang bikin kita kagum.

Maiiam Museum pada mulanya adalah museum pribadi keluarga Jean Michel Beurdeley bersama istri terakhirnya Patsri Bunnag dan putra tiri mereka
Eric Bunnag Booth. Setelah sekian lama, mereka ingin membagi koleks-koleksi pribadi mereka yang usianya lebih dari 30 tahun kepada khalayak ramai. Sejak itulah museum ini dibuka untuk umum.

Museum ini bisa dicapai sekitar 20 menit berkendaraan dari kota. Terletak di San Kamphaeng, Chang Wat, Kota Chiang Mai di Thailand Utara ini merupakan sebuah museum seni kontemporer yang jauh dari kesan antik dan jadul.

Museum yang dibangun di atas tanah seluas 3000 meter persegi ini tampak menarik. Bagian luarnya dilapisi mosaik kaca.

Di dalam museum terdapat 600 koleksi yang bisa dinikmati pengunjung dari berbagai lukisan, karya instalasi. Ada juga ruang teater memuat 35 orang, selain perpustakaan, workshop untuk program pendidikan, dan mini kafe yang memuat 60 orang serta ruang penjualan souvenir.

Para pengunjung museum juga dapat menikmati karya karya instalasi berbagai seniman. Sejak dibuka setahun lalu, museum ini langsung mendapat perhatian dari wisatawan yang berkunjung ke Chiang Mai.

Maiiam Museum telah memenangkan penghargaan Best New Museum of Asia Pasific Award Leading Cultural Destinations Awards.

Bagi pengunjung dewasa untuk masuk ke dalamnya, dikutip bayaran 150 baht , orang usia lanjut dan pelajar hanya 100 baht, anak-anak di bawah 12 tahun gratis. Museum Maiiam beroperasi setiap hari kecuali Selasa, mulai pukul 10 pagi sampai 6 sore.

AKBAR ALDI

Berikan Komentar

Tinggalkan Balasan