Macam ini Masjid Jamek Kuala Lumpur Usai Direnovasi

oleh
Selepas renovasi Masjid Jamek, masjid tertua di Kuala Lumpur sekarang lebih asri dan indah.Okemedan/Akbar Aldi

OKEMEDAN-KUALA LUMPUR
Masjid Jamek adalah salah satu masjid tua yang terkenal di Kuala Lumpur. Masjid ini juga menjadi salah satu ikon pariwisata populer . Setiap hari wisatawan selalu datang berkunjung untuk melihat langsung dan mengabadikan keindahan bangunannya.

Masjid Jamek yang terletak di tengah Kota Kuala Lumpur – dan bisa dicapai menggunakan transportasi umum LRT tujuan Stasiun Masjid Jamek, yang hanya sekitar 100 meter dari stasiun kini tamak lebih indah setelah direnovasi.

Seperti diketahui, selama hampir setahun, Masjid Jamek direnovasi terutama bagian eksteriornya.

Kini di halaman halaman masjid telah dilengkapi payung-payung seperti terdapat di Masjid Nabawi Madinah. Juga pepohonan kurma menghiasi tiap sudut. Terdapat juga air mancur dan jembatan sungai Klang-Sungai Gombak di tepi masjid yang lebih lebar dan ditata indah, sangat bagus untuk lokasi selfie.

Pada malam hari, lampu hias warna warni menyala menambah keindahannya.

Masjid Jamek dibangun pada 23 Maret 1908 oleh Sultan Selangor, Sir Alaeddin Sulaiman Shah, dan dibuka untuk kegiatan sholat pertama kali pada 23 Desember 1909.

Wisatawan bisa mengunjungi masjid yang dibangun pada tahun 1908 ini asalkan berpakaian sopan. Di pintu masuk ada petugas penjaga yang menyediakan jilbab dan jubah penutup gratis kepada pengunjung. Namun hari Jumat, kunjungan ditutup karena ada sholat jumat.

Banyak jamaah selesai sholat Jumat memanfaatkan keindahan Masjid Jamek sebagai latar belakang berfoto-foto. Meski diapit oleh bangunan-bangunan tinggi tapi suasana di Masjid jamek terasa nyaman dan lapang.

Di dekat masjid, persisnya di seberang sungai di area sekitar taman dan lalu lalang menuju ke stasiun LRT Masjid Jamek, banyak penjual jajanan makanan dan minuman. Sebelum dan sesudah sholat Jumat, banyak jamaah memanjakan lambung kemari. Harga makanan dan minumannya murah-meriah.
AKBAR ALDI

Berikan Komentar