Cukup 2 Jam, Kapal Cepat MV Mentawai Fast Tempuh Teluk Dalam-Pulau Tello

oleh

OkeMedan – Medan
Kabar gembira bagi masyarakat di Nias Selatan (Nisel) atau wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan tersebut. Dengan beroperasinya kapal cepat Ferry MV Mentawai Fast, untuk berkunjung ke kabupaten paling ujung di Kepulauan Nias itu dipastikan akan lebih mudah.

Sesuai fungsinya, kapal cepat itu bakal digunakan untuk melayani masyarakat menyebrang dengan rute dari Kota Teluk dalam ke Pulau Tello. Kapal cepat ini juga direncanakan akan membuat rute dari Kota Teluk Dalam ke Kota Padang, Sumatera Barat.

Bupati Nisel Hilarius Duha mengatakan, pengoperasian kapal cepat ini merupakan salahsatu komitmen pihaknya dalam upaya peningkatan pembangunan berbasis kerakyatan yang dilakulan secara bertahap.

“Salahsatunya dengan menyediakan alat transportasi yang efektif” ujar Hilarius kepada wartawan, Kamis (30/8/2018) sore.

Ditemui saat meninjau kedatangan kapal cepat MV Mentawai Fast di Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Hilarius juga menjelaskan, kapal cepat ini akan berlayar dari Teluk Dalam ke Pulau Tello dengan kapasitas penumpang 200 orang.

“Kapal cepat ini bisa melaju dengan kecepatan 26-27 knot, sehingga perjalanan dari Teluk Dalam ke Pulau Tello dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam. Kapal MV. Mentawai Fast ini juga memiliki pendingin ruangan di ruang penumpang,” terangnya.

Untuk ongkos sekali berangkat dari Teluk Dalam ke Pulau Tello, pihak MV Mentawai Fast mematok tarif Rp150 ribu perorang. Namun, agar tak menjadi beban masyarakat khususnya kalangan bawah, Pemerintah Kabupaten Nisel berencana akan berdiskusi dengan pihak DPRD setemlat untuk membicarakan subsidi operasi kapal cepat tersebut.

“Intinya, kehadiran kapal cepat MV Mentawai Fast ini diharapkan dapat membantu berbagai aktivitas masyarakat yang akan menuju Kepulauan Tello serta diharapkan dapat menunjang perkembangan pariwisata Kabupaten Nias Selatan” harapnya.

Sebagai informasi, kapal cepat MV Mentawai Fast dalam satu hari akan berlayar sekali dari Teluk Dalam ke Pulau Tello dan sebaliknya.

Sementara, peresmian pelayaran perdana MV Mentawai Fast di Pelabuhan Baru Teluk dalam ini di hadiri oleh Bupati Nias Selatan bersama Wakil Bupati, Kapolres Nias Selatan, perwakilan Kajari Teluk Dalam, perwakilan Danlanas Nias, serta sejumlah perwira Polres Nisel dan Kepala SKPD di Pemkab Nias Selatan.
#OM VAH

Berikan Komentar