Gawat, Makin Banyak Yang Gagal Ginjal di Medan

oleh
Direk¬tur Rumah Sakit (RS) Permata Bunda Dja-maluddin Sambas (bertopi lobe) bersama undangan memperkenalkan lima unit baru mesin cuci darah RSU Permata Bunda Medan, Jumat (3/8). okemedan/ist

OkeMedan-Medan

Di balik penambahan 5 unit baru mesin pencuci darah (Hd) unit layanan hemodialisa RSU Permata Bunda Jalan SM Raja Medan, diketahui jika jumlah penderita gagal ginjal di Kota Medan, semakin hari semakin bertambah.

Hal ini sebagaimana diutarakan oleh  Direk­tur Rumah Sakit (RS) Permata Bunda Dja­maluddin Sambas saat syukuran perkenalan  lima unit mesin cuci darah atau hemo­di­alisis (Hd) yang terbaru di rumah sakit tersebut, Jumat (5/8). Dengan tambahan 5 unit ini maka jumlah mesin Hd RSU Permata Bunda 10 unit dari 30 yang dipesan.

Menurutnya, gagal ginjal ter­bagi dua yakni akut dan kro­nik. Khusus penderita akut bisa disebabkan dehidrasi dan luka bakar. Sedangkan pen­derita kronik karena hipertensi dan diabetes. “Di Medan pen­derita gagal ginjal didominasi akibat hi­per­tensi dan diabetes,” terang­nya.

Dikatakannya, penambahan mesin Hd ini juga memenuhi harapan Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) Sumut-Aceh Prof dr Harun Rasyid Lubis SpPD-KGH yang juga Bapak Ginjal Kota Medan agar setiap rumah sakit mengembangkan alat-alat HD. Di Sumut saat ini terdata 52 unit layanan hemodialisa.

Mengutip pernyataan Prof dr Harun Rasyid Lubis,  penyebab gagal ginjal di Indonesia sekitar 50 persennya dikarenakan hipertensi dan 27 persen karena diabetes sekitar 27 persen. Kalau gagal ginjal karena betul-betul yang bermasalah dari ginjal itu sendiri hanya sekitar 13 sampai 15 persen saja.

“Dalam hal ini RS Permata Bunda menindak­lanjutinya dengan menam­bah lagi lima mesin Hd baru dan secara bertahap akan terus dilakukan,” tegas­nya. RSU Permata Bunda sebelumnya sudah memiliki unit mesin HD sejak tahun 1992.

Helmy Adiputra mengatakan, penambahan unit ini sebagai wujud Permata Bunda meningkatkan aspek pelayanan kepada masyarakat, khususnya pasien gagal ginjal. Selain menyasar pasien umum, ruangan layanan hemodialisa RSU Permata Bunda juga menyediakan penanganan pasien VIP.+

AKBAR

 

Berikan Komentar