Perancang Mode Sumut Punya Peluang Go Internasional

oleh

OkeMedan-Medan
Setelah sempat beberapa lama tak terdengar kabarnya,Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sumatera Utara eksis kembali. Kepengurusan baru BPD APPMI Sumut dilantik Minggu malam (19/8) di Grand Mercure Hotel Medan. Disainer Yuni Pohan diberi mandat oleh pusat sebagai Ketua untuk masa bakti 2018-2021.

Nani Rachmat, Wakil Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) usai melantik kepengurusan BPD Sumatera Utara menaruh harapan kepengurusan baru ini akan aktif dan memberikan kontribusi bagi perkembangan rancang mode dan industri disain mode di Sumut.

“Salah satu keunggulan perancang busana Sumatera Utara ini menurutnya karena banyak tenunan tradisional seperti ulos serta kain tenun yang bisa mereka garap sebagai karya busana tidak hanya dipakai pada kegiatan adat, tapi juga menjadi pakaian resmi.Tenunan Ulos punya keunikan tersendiri, yang daerah lain tidak punya. Inilah seharusnya mereka modifikasi hingga bisa menjadi karya busana tidak cuma bertarap nasional tapi mampu menembus pasar internasional”, ujarnya.

Ia menyarankan agar para perancang busana ini menjalin kerjasama dengan para pengrajin, agar mereka juga bisa berkembang. “Para perancang busana wajib memberikan masukan kepada para pengrajin, terutama menyangkut motif, tata warna sampai penggunaan benangnya agar sesuai dengan standard yang kita harap”,tuturnya.

Ia melihat, tenunan Sumatera Utara bila digarap secara profesional bakal menghasilan karya busana yang luar biasa bagusnya, seperti dirancang buat gaun malam dan busana resmi lainnya, asal tidak merusak nilai etniknya.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumut, Wan Hidayati, MsC dalam sambutannya mengatakan, karya-karya perancang APPMI bisa jadi satu strategi untuk mencapai 1 juta wisatawan ke Sumut yang menjadi target pemerintah.

”Tahun depan akan kita gelar even fashion internasional,” ungkap Wan Hidayati. Untuk itu ia mengharapkan BKPM Sumut ikut merealisasikan rencana ini dan kepengurusan APPMI Sumut eksis dan inovatif. Menurutnya, melalui fashion, karakter etnik di Sumut akan muncul.

Ketua BPD APPMI Sumut Yuni Pohan dalam sambutannya menegaskan ia dimandatkan oleh Ketua Umum DPP APPMI untuk melanjutkan roda organisasi tetap hidup . Ia berharap dukungan dari rekan rekan seprofesi agar dalam kepengurusannya,selain memotivasi agar karya-karya anggota APPMI Sumut mampu go nasional dan internasional.

Susunan Pengurus
Susunan pengurus Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) BPD Sumatera Utara terdiri Ketua Yuni Pohan, (Yap Mode), Wakil Zulsaid (Zul Hanger), Sekretaris Riki Damanik serta Bendahara Zuraidah (Adah Mode) dibantu Yenti Lim, Harry Hasibuan, Arini serta Gema.
Acara pelantikan kepengurusan APPMI Sumatera Utara juga dimeriahkan fashion show bersama para model kota Medan memperagakan hasil karya perancang busana anggota APPMI menampilkan berbagai motif dan kreasi yang cukup mendapat perhatian para pengunjung.
AKBAR

Berikan Komentar