UNPRI Universitas Terbaik di Sumut

oleh
Prosesi Wisuda Universitas Prima Indonesia. OkeMedan/ist

OkeMedan- Medan. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I  Sumatera Utara Prof Dian Armanto MPd MA MSc PhD mengatakan,  UNPRI salah satu universitas terbaik di Sumatera Utara (Sumut).

Hal itu dikatakan Dian Armanto pada pengukuhan sarjana baru Universitas Prima Indonesia (UNPRI) dalam wisuda periode II tahun akademik 2018/2019 dalam Rapat Senat Terbuka di Gedung  Medan International Convention Center (MICC) Jl. Gagak Hitam/Ringroad Medan, selama dua hari Rabu (17/10) dan Kamis (18/10).

Hadir pada kesempatan itu Pendiri UNPRI Dr dr I Nyoman Ehrich Lister MKes AIFM, Ketua BPH Dr Tommy Leonard SH MKn, Rektor Unpri Dr Chrismis Novalinda Ginting MKes, Wakil Rektor (WR) I Seno Aji MEng Prac, WR IIDr Ermi Girsang SKM MKes, WR III Said Rizal SHI MA, WR IV dr Ali Napiah Nasution MKT, para dosen dan staf dilingkungan UNPRI.

Dian Armanto menjelaskan, pada tahun 2017 UNPRI peringkat 108 Kopertis 1849 Indonesia Cluster 3. Dan, 2018 No.9 dari 33 universitas, No.10 dari 131 PTS Sumut minus akademi dan Politeknik.

Dikatakan Dian Armanto, Aspek dan Indikator pemeringkatan tahun 2017 dan 2018.Pertama, SDM Dosen (30%): persentase dosen S3, jabatan lektor kepala dan guru besar, serta rasio mahasiswa –  dosen.

Selanjutnya, kelembagaan (28%): akreditasi institusi, program studi, internasional, dan jumlah mahasiswa asing. Ketiga, apek kemahasiswaan (12%): kinerja kemahasiswaan. Dan, keempat, penelitian dan abdimas (30%): kinerja penelitian, abdimas dan jumlah artikel ilmiah terindeks scopus.

Dian Armanto melihat UNPRI  berkembang sangat cepat dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Dan, UNPRI banyak mengukir prestasi.

Dia mengaku, dirinya mengikuti perkembangan UNPRI.  Hal ini adalah suatu prestasi dan kemajuan bagi UNPRI dan harus lebih ditingkatkan lagi.

“Semua ini dapat terwujudkan karena kinerja pimpinan dan timnya yang bagus dalam mengelola perguruan tinggi,” kata Dian Armanto.

Dian Armanto juga berharap, agar lulusan UNPRI yang baru diwisuda ini, harus berjuang. Karena tidak ada sukses tanpa perjuangan.

Harapan tersebut disampaikannya sembari menceritakan tentang ‘Soichiro Honda’ dan mencontohkan sosok pemilik Perusahaan Honda dari Jepang yang sukses.

Rektor UNPRI Dr Chrismis Novalinda Ginting MKes dalam sambutannya mengatakan, tantangan yang dihadapi setiap perguruan tinggi baik dalam ilmu pengetahuan maupun menghasilkan lulusan semakin hari semakin berat.

Untuk itu, UNPRI telah bersiap diri menghadapi tantangan tersebut. Antara lain, melalui road map penelitian dosen yang sudah diarahkan kepada konsep 4,0, meningkatkan kerjasama dengan institusi  lain, baik dalam dan luar negeri.

Disebutkan Chrismis , saat ini UNPRI sedang menjalankan kerjasama salah satunya dengan Universitas Utara Malaysia dalam bidang pengembangan SDM dan Penelitian.

Hal lain yang sedang dipersiapkan kata Chrismis , adalah dukungan infrastruktur.Berbagai fasilitas yang semakin lengkap dan nyaman sudah disiapkan di kampus baru Jl Sampul Medan.

“UNPRI punya training center yang membanggakan, laboratorium canggih dan sistem IT semakin besar dan member bermanfaat,” ucap Chrismis.

Di tempat terpisah,  Pendiri UNPRI Dr dr I Nyoman Ehrich Lister MKes AIFM didampingi Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn, kepada wartawan, Jumat(19/10) mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan UNPRI agar dapat sejajar dengan PTS/PT yang ada di Tanah Air. Sekaitan dengan ini, sejumlah staf pengajar UNPRI telah disekolahkan untuk memperoleh pendidikan master (S2) atau doktor (S3) sebagai upaya meningkatkan kualitas di PTS.

Tokoh pendidikan Sumut ini bertekad akan mempertahankan UNPRI sebagai salah satu PTS yang terbaik dan  dapat melahirkan sarjana yang berkualitas di tengah-tengah masyarakat untuk kemajuan bangsa.OM ZAN 

Berikan Komentar