Poldasu Tangkap Ketua P3TM di Batubara

oleh
Petugas Poldasu saat mengamankan tersangka. okemedan/Nawan

OkeMedan – Medan
Ketua Pengurus Persatuan Pedagang Tradisional Marelan (P3TM), Aliswan (57) berhasil ditangkap di Pagurawan, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Sabtu (15/9/2018).

Warga Jalan Jalan XI, Lingkungan 6, Kelurahan Rengas Pulau Medan Marelan yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), akhirnya disergap petugas dipimpin Kasubdit IV/Renakta Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut AKBP Leonardo Simatupang SIK.

“Setelah kasus jual beli kios itu kita ungkap, tersangka langsung kabur dan bersembunyi di Batubara. Penangkapan Ketua P3TM itu sesuai Sp.kap/ 520 /IX/2018/ Ditreskrimum, tanggal 15 September 2018,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.

Nainggolan menjelaskan sebagai ketua P3TM, tersangka telah melakukan tindak pidana pemerasan dengan ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud dalam pasal 368 KUHPidana.

Aliswan ditangkap berdasarkan pengakuan anggotanya yang telah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Poldasu dan sudah mendekam dalam sel.

Selanjutnya penyidik melengkapi berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) tiga tersangka P3TM untuk dikirim ke Kejaksaan.

“Masih kita lengkapi berkas ketiga tersangka. Kalau sudah siap segera kita kirim ke Jaksa,” kata Leonardo Simatupang, Selasa (4/9/2018) .

Ketiganya adalah, RM (47), warga Jalan Takenaka Gang Family, Lingkungan V Paya Pasir Marelan, R (49), warga Pasar Nippon Siombak Labuhan Deli Marelan dan MAA (50), warga Marelan Raya, Lingkungan 7 Rengas Pulau Marelan.

Sebelumnya, Subdit III/Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) bersama Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumut, melakukan penangkapan terhadap 4 orang pelaku pungutan liar (pungli) di Pasar Marelan, Jumat (24/8/2018).

#OM Nawan

Berikan Komentar