Madina Dilanda Banjir Besar, Jalinsum Putus Total

oleh
Air menggenangi jembatan jalinsum yang ada di Kabupaten Madina. OkeMedan/ist

OkeMedan – Panyabungan. Bencana alam banjir kembali melanda Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (7/11/2018) malam sekitar pukul 22.40 WIB.

Informasi diperoleh, banjir sekaligus longsor tersebut akibat curah hujan yang cukup tinggi dan intensitas yang lama mulai dari sore hingga malam hari.

Akibatnya air meluap dan merendam beberapa kecamatan yakni Lingga bayu, Kecamatan Panyabungan. Ibu kota Madina yang selama ini tidak tergenang ikut terkena dampaknya. Perkantoran bank, ruko dan pemukiman warga terendam air hampir selutut orang dewasa.

Selanjutnya banjir juga melanda Kecamatan Kotanopan. Jalan lintas Sumatera Utara anjlok. Begitu juga di Kecamatan Panyabungan Selatan (tanah longsor, tutup akses jalan propinsi).

Banjir dan longsor juga dialami warga di Kecamatan Tambangan, Kecamatan Hutabargot, Kecamatan Batang natal (tanah longsor, banjir), Kecamatan Naga Juang (banjir) dan kecamatan Panyabungan Timur (tanah longsor).

Kepala BPBD Provsu Riadil Akhir Lubis mengatakan pemerintah sudah melakukan upaya penyelamatan di SMA PLUS siswa (asrama) dan siswa sedang diungsikan ke gedung serba guna. Masyarakat telah diarahkan mengungsi ke tempat yg lebih aman.

Pemkab, BPBD dan masyarakat terus dan sedang melakukan penanganan pengungsi dan pendataan lapangan. Korban jiwa meninggal sementara tidak ada.

BPBD Provsu menurunkan pasukan ASN/Satgas, peralatan (perahu, truck, dll) dan membawa bantuan logistik.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemkab Madina dan PMI Sumut utk membantu medis dan bantuan lainnya.

Sementara itu akses ke Kecamatanz Lingga Bayu masih tertutup jalan longsor. OM ZAN

Berikan Komentar