KIM Sarana Informasi Masyarakat

oleh
Plt Bupati Labuhanbatu membuka kegiatan Lomba KIM se-Kabupaten Labuhanbatu. OkeMedan /H5

OkeMedan – Rantauprapat. Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe mengakui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai sarana informasi yang akurat bagi masyarakat. Serta dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Hal itu dikatakannya saat membuka Lomba KIM, Kamis (8/11/2018) di Gedung Kesenian Rantauprapat.

Kata Andi, KIM merupakan program Pemerintah. Sebagai implementasi dari berbagai kepentingan masyarakat. Memberdayakan komunikasi sosial antara masyarakat dan Pemerintah, guna meningkatkan kemampuan masyarakat mengakses informasi yang tengah berkembang.

“KIM adalah untuk menyampaikan informasi yang baik kepada masyarakat. Untuk membentengi masyarakat dari banyaknya berita hoax di media sosial, ditambah lagi saat ini banyaknya pemberitaan tentang politik yang tidak baik sehingga banyak meresahkan masyarakat,” ujar Andi.

Andi berharap, KIM dapat terus memperkuat perannya di tengah-tengah masyarakat. Kemajuan tekhnologi saat ini harus diikuti dan dicermati dengan baik.

Sehingga dapat memilih informasi yang baik bukan informasi hoax, dan sebagai masyarakat lainya yang mengerti tentang KIM sangat berperan besar untuk segera membenarkan informasi yang salah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Muhammad Ihsan Harahap mengungkapkan, lomba KIM bertujuan untuk membina dan memberdayakan KIM di Labuhanbatu, dapat menjadi wadah mencerdaskan masyarakat, memiliki kreatifitas dan menselaraskan program Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

“Perlombaan KIM ini dapat menumbuhkan kesadaran serta mewujudkan partisipasi aktif masyarakat akan pentingnya penyerapan  dan penyebarluasan informasi sebagai sarana untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi keluarga,” kata Ihsan Harahap.

Selain itu kata Ihsan Harahap, KIM ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota dan pengurus KIM. Khususnya di bidang teknologi informasi komunikasi dan mendayagunakan kelompok informasi masyarakat sebagai penggerak motor kehidupan.

Disamping itu untuk memilih kelompok informasi masyarakat terbaik dan berprestasi tiongfkat Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018.

Lebih lanjut Kadis Kominfo Labuhanbatu ini juga menjelaskan bahwa peserta lomba KIM se-Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2018 ini adalah kelompok-kelompok informasi masyarakat yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, dimana dalam lomba tahun ini diikuti oleh 11 KIM, jelasnya.

Lomba KIM se-Kabupaten Labuhanbatu yang bertemakan “Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sadar Teknologi Informasi dan Cerdas Bermedia Sosial” tersebut menurunkan 3 orang dewan juri, yaitu Pamimpin Nasution, Tetty Herawaty Sinaga dan Khairizal dari Dewan Kesenian Kabupaten Labuhanbatu. OM H5

Berikan Komentar