Kalau Rindu Kampung Datang Saja Ke Panggung Keong PRSU

oleh

OKEMEDAN -Setiap malam tribun penonton Panggung Keong PRSU selalu ramai pengunjung, terutama mereka yang memiliki emosional dengan daerah asal mereka. Koordinator Panggung Keong, Vera Maria Manulang, Jumat(30/3) menyebutkan, rata-rata 60 sampai 75 persen tribun terisi setiap malam. Bahkan pada malam kesenian Nias Utara pengunjung membludak, hampir sama dengan waktu tampilan grup kesenian dari Tobasa. “Hujan deras tak menyurutkan penonton,” ungkap Vera, halak hita yang tinggal di Pekanbaru dan selama sebulan khusus bertugas membantu promotor PRSU di Medan.

Tak melulu pertunjukan tradisional, masing-masing grup mengemas dengan berbagai potensi yang dimiliki. Seperti saat pergelaran dari Kabupaten Karo, dimeriahkan tampilan duo rapper yang membawakan lagu rap dalam bahasa Karo dan mendapat aplus hangat dari penonton khususnya anak-anak muda.

Vera Maria menjelaskan, pertunjukan seni budaya di Panggung Keong diadakan dengan tujuan melestarikan dan memperkenalkan kekayaan seni budaya 33 kabupaten kota di Sumut kepada pengunjung PRSU. Pertunjukan dikemas layaknya sebuah show panggung, dengan kelengkapan sound system dan lighting yang memadai.
“Banyak mahasiswa mahasiswi maupun masyarakat perantauan yang saya lihat sengaja datang ke mari, mungkin rindu kampung dan masa lalu yang indah,” imbuhnya.

HIngga kini tercatat sudah hampir separuh dari kabupaten kota yang tampil dan masih menyisakan sejumlah pertunjukan lagi hingga PRSU berakhir.

Adapun jadwal pertunjukan kesenian di Panggung Keong yang masih akan berlangsung adalah Jumat malam 30 Maret Tanjung Balai, Sabtu 31 Maret Pematang Siantar, Minggu 1 April Kabupaten Nias Selatan, Senin 2 April Padang Lawas, Selasa 3 April Labuhan Batu Selatan, Rabu 4 April Kotamadya Binjai, Kamis 5 April Padang Sidempuan, Jumat 6 April Tebing Tinggi, Sabtu 7 April Labuhan Batu Utara.

Pada hari Minggu 8 April akan tampil kesenian Tapanuli Utara, Senin 9 April Dinas Pariwisata, Selasa 10 April Nias Barat, Rabu 11 April Kabupaten Asahan, Kamis 12 April Padang Lawas Utara, Jumat 13 April Tapanuli Tengah, Sabtu 14 April Nias, Minggu 15 April Pemprov Sumut.

Sedangkan Kabupaten Simalungun tampil secara khusus di Panggung Utama yang biasa digunakan untuk show artis ibukota pada esok malam, Sabtu 31 Maret mendatang sebelum penampilan grup band Lyla.

Ditambahkan Vera, seluruh pertunjukan seni budaya dari kabupaten kota dan provinsi serta dinas pariwisata berlangsung sekitar 3,5 jam mulai pukul 19.00 sampai 22.30. Pertunjukan di Panggung keong gratis dan terbuka untuk umum. Lokasinya berada tak jauh dari arena permainan anak-anak dan stasiun kereta odong-odong.

AKBAR ALDI

Berikan Komentar