Jejaring Kelembagaan PT Rumpun Ilmu Ekonomi Bisnis dan Pendidikan

oleh
FGD dan MoU- Kepala Balitbang Pemprovsu Ir H M Armand Efendy Pohan MSi dan Dekan FE Unimed Prof Indra Maipita MSc PhD (tengah) diabadikan bersama dekan dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Sumut Focus Group Discussion (FGD) jejaring kelembagaan perguruan tinggi rumpun ekonomi bisnis dan pendidikan, Selasa (3/7/2018) di Hotel Saka Medan. okemedan/zanasution

OKEMEDAN – Medan
Fakultas Ekonomi Unimed dan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara (Balitbang Provsu) menggelar Focus Group Discussion (FGD) jejaring kelembagaan perguruan tinggi rumpun ekonomi bisnis dan pendidikan, Selasa (3/7/2018) di Hotel Saka Medan.

Selain pelaksanaan FGD juga dilakukan Penandatangan MoU oleh Dekan FE Unimed Prof Indra Maipita MSc PhD dengan Kepala Balitbang Pemprovsu Ir H M Armand Efendy Pohan MSi. MoU tersebut berisi kerjasama pemerintah dan perguruan tinggi dalam penguatan jejaring kelembagaan Perguruan Tinggi se-Sumatera Utara.

Sementara itu Forum Group Discussion (FGD) mengenai penguatan kerjasama dan jejaring kelembagaan perguruan tinggi rumpun ekonomi bisnis dan pendidikan dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar Dr E Ulfa Nadra SE MSi, Dekan Fakuktas Bisnis Universitas Harapan Medan Kersna Ninan, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumut (UINSU) Dr Andri Soemitra MA, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara Safrida, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMA Ihsan Effendi, Dekan Fakultas Sosial Sains Unpab Dr Surya Nita, Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan UMN Al Washliyah M Ayyub Lubis, Dekan Fakultas Ekonomi UMN Al Washliyah Shita Tiara serta melibatkan sekitar 30 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Sumatera Utara.

Tampak hadir diantaranya Ketua STEBI Darul Ulum Dr Muhyarsyah, Ketua STIE Sultan Agung Dr Darwin Lie SE MM, Pembantu Ketua 2 STIE Bina Karya Tebing Tinggi Willy Cahyadi, Kepala LPPM STIE IBBI Medan Hisrul Siregar, dan Ketua STIM Sukma Medan Wardayani.

Kepala Balitbang Pemprovsu Ir H M Armand Efendy Pohan MSi mengajak semua perguruan tinggi di Sumatera Utara untuk bergabung diberbagai forum komunikasi daerah. Khususnya dalam memberikan masukan dan solusi dari permasalahan dan dapat menggali potensi perekonomian di Sumatera Utara.

Dikatakan Efendy peran Perguruan Tinggi sebagai pencetak akademisi yang handal sangat dibutuhkan dan membantu pemerintah dalam membangun perekonomian dan kesejahteraan di Sumatera Utara, sehingga menjadi lebih maju dan berkembang. Tidak hanya menggali potensi kekayaan sumber daya alam namun juga meningkatkan mutu kualitas SDM di berbagai daerah di Sumatera Utara.

Pada kesempatan itu Dekan FE Unimed Prof Indra Maipita MSc PhD mengatakan “Indonesia telah memasuki era revolusi industri 4.0., dimana percepatan kemajauan teknologi, otomatisasi, digitalisasi dan berbagai bentuk media daring dan IT akan merambah semua lini perekonomian di masyarakat. Akan banyak lapangan pekerjaan baru yang tercipta di masa depan. Oleh karenanya, semua pihak baik dunia akademisi, praktisi dan juga pemerintah harus berkolaborasi, bekerjasama, berintegrasi dan saling share ide dan gagasan baru untuk mengahadapi perkembangan jaman.

Indra Maipita menambahkan Perguruan Tinggi harus mampu beradaptasi dengan keadaan ini. dengan cara semua perguruan tinggi bekerjasama dan saling berkolaborasi akan menciptakan suatu pembaharuan yang luar biasa. Dengan begitu bukan hanya meningkatkan mutu pendidikan dan lulusan namun juga meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Sumatera Utara.

“Untuk itu, UNIMED siap bekerjasama dengan semua perguruan tinggi di Sumatera Utara, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, penelitian maupun pengabdian mayarakat. Tanpa adanya kolaborasi dan kerjasama, kemajuan dan perkembangan perguruan tinggi dalam menggali dan meningkatkan perekonomian di Sumatera Utara tidak akan tercapai, ” jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Dr Azizul Kholis SE MSi mengatakan penguatan kerjasama dan jejaring kelembagaan perguruan tinggi rumpun ekonomi bisnis dan pendidikan ini menawarkan serta mengulas beragam bentuk kerjasama yang akan disepakati bersama, seperti bidang pendidikan, ekonomi, penelitian hingga pengabdian masyarakat.
“Hal ini semata bertujuan untuk memajukan perekonomian Sumatera Utara dan meningkatkan kualitas lulusan masing-masing perguruan tinggi, ” jelasnya.

ZA Nasution

Berikan Komentar