Ratna Sarumpaet Terlihat Tegang dan Kuyu

oleh

OkeMedan-Jakarta
Ratna Sarumpaet resmi ditahan Polda Metro Jaya sejak Jumat malam tadi (5/10). Ia  sebelumnya dicegah petugas Imigrasi Kemenhum & HAM  pada Kamis malam saat akan terbang ke Chile untuk menghadiri acara kebudayaan.

Ratna Sarumpaet yang berusia 69 tahun, sebelumnya menjalani operasi plastik sedot lemak di pipi di RS Bina Estetika Jakarta. di layar televisi memang tampak lebih muda dan wajahnya terlihat tirus dari biasa. Gelembung-gelembung tanda tua tidak lagi terlihat. Wajahnya terlihat lebih kencang dan membuatnya tampak lebih muda. Namun, dari tayangan di televisi sejak dicegah berangkat, wajah Ratna Sarumpaet terlihat tegang dan kuyu (muram dan lesu).

Ratna Sarumpaet yang selama ini dikenal tampil berapi-api di depan publik, termasuk juga dalam acara Indonesian Lawyer Club (ILC) TV One, malam tadi berbeda sekali dari biasanya. Apalagi dibandingkan dengan kehadirannya di Danau Toba beberapa waktu lalu ketika Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berbicara di depan keluarga korban musibah kapal tenggelam KM Sinar Bangun.di Posko Tim Pencarian KM Sinar Bangun, Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Senin (2/7/2018). Ratna saat itu tak setuju  pencarian korban KM Sinar Bangun dihentikan.

Ratna Sarumpaet waktu itu sangat berani menginterupsi Luhut yang sedang berbicara, membuat suasana menjadi gaduh.

Namun malam tadi, tampikan seniman teater senior ini berubah 180 derjat dari biasa. Hal ini tampak sejak ibu artis Atiqah Hasiholan ini dibawa petugas dari bandara Soekarno-Hatta maupun di Mapolda Metro Jaya, wajah Ratna tampak tegang dan kuyu. Ratna hanya menjawab “Sehat” ketika awak media menanyakannya saat di bawa ke ruang pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya.

Ratna Sarumpaet menjadi tersangka penyebaran hoax yang membuat keonaran.Ratna terancam pidana penjara maksimal 10 tahun.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, mengatakan kepada pers, Ratna akan dikenakan Pasal 14 UU 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan juga Undang-Undang ITE Pasal 28 kita juncto-kan Pasal 45. Dengan ancaman 10 tahun.
Pihak Imigrasi Kemenkum HAM menyatakan sudah mengeluarkan surat pencegahan atas Ratna untuk 20 hari ke depan.

Hoax yang dilontarkan Ratna bahwa ia dianiaya memang membuat heboh. Tak kurang capres Prabowo pun karena percaya ia telah dianiaya  turut berempati memberi komentar. Namun ternyata apa yang dikatakan Ratna rupanya kabar bohong belaka.

Dari pernyataan sejumlah saksi di bandara Soekarno Hatta yang diselidiki polisi, ternyata tidak terjadi penganiayaan sebagaimana diungkapkan Ratna. Alih-alih mengaku dianiaya,  dari bukti CCTV yang diperoleh polisi terungkap jika pada 21 September Ratna justru pergi ke RS Bedah Bina Estetika Menteng untuk sedot lemak di pipi sehingga terlihat muda, jelang berangkat ke Chile dimana seyogianya ia akan berpidato. OM-DN

 

Berikan Komentar